Selamat Datang Di Chitoz Blog, Semoga Bermanfaat !!!

Senin, 04 April 2011

Beware! Baterai laptop rawan meledak…

Bagi para pengguna laptop / notebook, pernah nggak kalian mendengar atau mengalami sendiri insiden laptop mledug akibat baterai yang overheat?
Berikut beberapa tips yang saya baca dari sebuah artikel majalah guna menghindari baterai notebook kita agar tidak meledak saat digunakan, karena sangat berbahaya sekali bagi pengguna notebook tersebut.

And here’some tips :

1. Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang nggak compatible. Kalau nggak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.

2. Baterai notebook bisa jadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebook sambil letakkan di pangkuan kamu.

3. Saat menggunakan notebook, hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak/lembut, missal pada sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu bakal menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan bisa menimbulkan overheating.

4. Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.

5. Baterai notebook, termasuk notebook itu sendiri tentunya, jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit, ataupun tertumpuk sama benda berat diatasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai jadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

6. Jangan meletakkan notebook di area yang bisa menjadi sangat panas, missal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.

7. Menjadi basah, atau terkena air adalah hal yang harus dihindari dari notebook atau baterainya. Meskipun nantinya nsksl mengering dan bisa berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan bikin rentan keselamatan penggunanya.

8. Pastikan kamu memahami cara menggunakan, menyimpan, dan men-charge baterai dan notebook yang sudah tertulis di dalam buku manual.

Nah, sudah tau kan cara merawat notebook kita agar terhindar dari bahaya baterai yang overheat. So, langsung dipraktekan yaaa…

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More