Selamat Datang Di Chitoz Blog, Semoga Bermanfaat !!!

Senin, 04 April 2011

Tidur Itu Penting Kawan !!!


Tidur memang sangat penting karena proses metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik jika tubuh kita cukup beristirahat. Kurang tidur juga memberikan kesempatan virus penyakit menggrogoti kesehatan. Dimana2 pasti dikatakan waktu tidur yang baik itu 8 jam sehari, tpi ditengah kesibukan kita sehari – hari yang sibuk hal itu sangat sulit.
Saya punya tips kecil yg bisa membuat tidur menjadi nyaman dan berkualitas. Bukan dengan meminum obat tidur karena itu akan tambah memperburuk kesehatan kita. Tips kecil ada beberapa, sebagai berikut :
1. Ganti seprai setiap minggu : hal sepele memang tapi ketahuilah kenyaman sentuhan seprai mempengaruhi kualitas tidur kita. Dengan seprai yg selalu bersih kulit akan serasa seperti dibuai. Seprai yg bersih bisa mengingatkan kita akan kenyamanan.
2. Stretching : tidak hanya saat ingin berolahraga saja stretching dilakukan. Ada baiknya sbelum tidur kta melakukan stretching kecil yg bisa bermanfaat untuk meregangkan otot2 yg lelah setelah seharian beraktivitas. Baiknya melakukan sretching sblm tidur ini dengan berbaring di atas lantai / karpet, karena ada gaya gravitasi yg lebih kuat saat tubuh menyentuh lantai. Otot2 akan kembali regang dan rasa lelah sedikit demi sedikit sperti pudar, jatuh diserap gravitasi bumi.
3. Tidur di dalam gelap : Pastikan lampu dalam keadaan mati karena otot mata butuh istirahat dan membuat mata lebih rileks. Rasa kantuk akan lebih cepat dalam keadaan gelap. Berbeda dengan ketika lampu masih menyala. Akan semakin sulit untuk mengantuk. Jika ada diantara kalian yg menderita phobia gelap, pasang saja lampu dengan watt yang sangat kecil untuk membuat Anda sedikit lebih tenang.
4. Minum yang Hangat : Meminum minuman yang hangat membuat badan menjadi rileks. Namun hindari minuman yang mengandung kafein, untuk amannya pilih saja susu. Sehat untuk tulang, sehat untuk badan dan membuat kita nyaman.
5. Matikan Handphone / telepon genggam : Agak sulit memang, namun jangan biarkan telepon tengah malam mengganggu. Jangan ragu untuk member tahu teman-teman kita bahwa saat tidur kita tidak ingin diganggu.
Itulah tips2 dan trik2 mengenai tidur yang baik yg sangat penting untk kehidupan kita. Agar kita tidak kekurangan waktu tidur yg akan mengganggu aktifitas kita disiang harinya. Kualitas tidur yg bagus akan membuat kita lebih segar dan produktif keesokan paginya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More